TFI

Senin, 30 November 2015

Paud Generasi Penuai Minggu ke-5

Pengajaran Paud di PAUD Generasi Penuai GBI Lippo Karawaci  dalam Penerapan Mata Kuliah 
Character Building : Pancasila bersama Teach For Indonesia

Kelas                      : LR01-LEC

Dosen                     : Hibur Tanis (D1986)

Waktu                     : Senin , 30 November 2015

Pukul                      : 08:00 – 13:00 WIB

Jumlah anak didik  : 16 anak

Lokasi     : PAUD Generasi Penuai, di daerah Lippo Ruko Pinangsia blok D Nomor 16 – 27

Tim yang Hadir :
Ketua     : Hansen L. (1901484410) – Tidak Hadir, Tim 2
Anggota :
1.Dennis H. (1901469095)
2.Dylan M.(1901481264)
3.Eric S. (1901470872)
4.Michael H. (1901469082)

Tim yang tidak hadir :

Tim 2 tidak hadir dikarenakan tim 2 melakukan pengajaran pada hari jumat
(Bukti Kehadiran)
(Suasana Pembelajaran di kelas TK A)
(Suasana Pembelajaran di kelas TK B)


Pancasila sebagai nilai bagi pendidikan karakter adalah adalah pembelajarn CB yang mengajarkan mahasiswa untuk membentuk pribadi pancasila yang  akan membuahkan sikap mental yang cerdas penuh tanggung jawab . Serta menciptakan sebuah kepribadian yang sesuai seperti sila  - sila pancasila seperti : beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa , berprikemanusiaan yang adil dan beradab , mendukung persatuan INDONESIA , mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan perorangan dalam bermusyawarah untuk mencapai mufakat serta mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial.

Pada pertemuan kelima ini merupakan pertemuan terakhir di PAUD Generasi Penuai GBI Lippo Karawaci bagi tim 1 dalam melaksanakan kegiatan pengajaran . Pada malam sebelumnya kami diminta oleh Guru Paud untuk menyiapkan materi yang akan dibawa oleh mahasiswa keesokan harinya . Materi yang disiapkan untuk TK A adalah materi berupa pengenalan huruf H ,  pembacaan huruf H dengan huruf vokal , menebak gambar yang bermulai dari huruf H , dan cerita yang memiliki makna kehidupan . Materi yang disiapkan untuk Tk B adalah materi yang bertema kebun binatang . Materi tersebut berisi tentang dari cara perkembangbiakan hewan , macam - macam hewan yang ada di kebun binatang , dan cara menggambar hewan . Untuk materi Playgroup A adalah materi yang bertema berhitung seperti menghitung jumlah suatu benda dan melingkari angka . Materi Playgroup B adalah materi yang bertema operasi perhitungan dasar dan cara menulis  seperti menjumlahkan suatu gambar  dan cara menulis huruf . pada pertemuan ini kami menyiapkan properti pengajaran lebis sedikit dari pertemuan sebelumnya karena materi ini difokuskan agar mahasiswa dapat menjelaskan suatu materi yang jelas , menarik dan dapat dimengerti oleh para murid . properti yang digunakan hanya berupa latihan soal yang dibuat oleh para mahasiswa untuk para muridnya . 

Metode yang digunakan untuk pembelajaran tersebut adalah metode classroom , ceramah , dan demonstrasi . Hal postifnya dari metode tersebut adalah para murid dapat melihat secara langsung dalam bentuk gambar dan juga aslinya dari materi yang dijelaskan tersebut . Hal yang masih kurang baiknya adalah para murid akan mudah terasa bosan dan susah untuk berkonsentrasi  karena untuk para murid masih berumur usia dini mereka masih lebih senang bermain jadi para mahasiswa harus membuat pembelajarin tersebut menarik .

Survey Eksternal
  
Survey Internal 
Pada hari ini kami sudah menyampaikan materi dengan lengkap dan sesuai dengan materi yang diarahkan oleh Guru paud dan kami dapat membuat pembelajaran tersebut menarik walaupun hanya menggunakan sedikit properti juga ada beberapa mahasiswa yang telat datang 10 menit dikarenakan lalu lintas yang padat (macet) tapi para mahasiwa sudah meminta izin ke guru paud 30 menit sebelum masuk jam pembelajaran jadi para mahasiswa diizinkan untuk masuk dan membawa materi pembelajaran yang disiapkan oleh para mahasiswa    .

Kesimpulan 
Tujuan dari pengajaran hari ini adalalah perlunya membuat suatu materi menjadi menarik dalam pembelajaran paud karena setiap dalam mengajar anak - anak pada usia dini membutuhkan kesabaran , ide kreatif , juga motivasi agar dapat membuat para murid tertarik terhadap materi yang disampaikan oleh para mahasiswa .

Next to do
Tim 1 sudah menyelesaikan kegiatan penerapan mata kuliah Character Building : Pancasila
kegiatan selanjutnya akan dilakukan oleh Tim 2


Jumlah Murid yang hadir
TK A : 3 Siswa
Playgroup A : 3 Siswa
TK B : 6 Siswa
Playgroup B : 5 Siswa

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Kelas                      : LR01-LEC

Dosen                     : Hibur Tanis (D1986)

Waktu                     : Selasa , 08 Desember 2015

Pukul                      : 08:00 – 10:00 WIB

Jumlah anak didik  : 10 anak

Lokasi     : PAUD Generasi Penuai, di daerah Lippo Ruko Pinangsia blok D Nomor 16 – 27

Tim yang Hadir :
Ketua     : Hansen L. (1901484410) 
Anggota :
1. Joanna C .(1901468943)
2. M Richi VKS. (1901510674)

Tim yang tidak hadir :
Tim 1 tidak hadir
(Bukti Kehadiran)

Pada pertemuan minggu yang ke-5 ini adalah pertemuan terakhir bagi kami (tim 2) dan penutup untuk pertemuann kelompok kami di PAUD Generasi Penuai GBI Lippo Karawaci untuk kegiatan belajar dan mengajar. pada pertemuan sebelumnya kami diminta oleh guru-guru PAUD untuk mencari materi untuk masing-masing kelas TK B dan kelas TK A. pengajar TK B mempersiapkan tema tentang jalan-jalan ke pegunungan, sedangkan pengejar di kelas TK A menyiapkan materti tentang perahu. pada pertemuan kali ini kami menggunakan properti berupa latihan soal yang dibuat oleh kami untuk anak-anak PAUD. kami tidak mengadakan pengajaran di hari senin seperti biasanya karena hari senin pada tanggal 7 desember PAUD tersebut sedang libur.

Metode yang digunakan untuk pembelajaran tersebut adalah metode classroom dan demonstrasi . Hal postifnya dari metode tersebut adalah para murid dapat melihat secara langsung dalam bentuk gambar dan juga aslinya dari materi yang dijelaskan tersebut . Hal yang masih kurang baiknya adalah para murid akan mudah terasa bosan dan susah untuk berkonsentrasi  karena untuk para murid masih berumur usia dini mereka masih lebih senang bermain jadi para mahasiswa harus membuat pembelajarin tersebut menarik .

Survey Eksternal

Survey Internal 
Pada pertemuan kali ini kami telah menyampaikan materi dengan lengkap dan sesuai apa yang diperintahkan oleh para pengajar di PAUD Generasi Penuai, tetapi kami terlambat memasuki kelas sekitar 3 menit dikarenakan terjadi kemacetan di jalan.

Kesimpulan 
Pada pertemuan kali ini kami dapat menyimpulkan bahwa diperlukan cara mengajar yang baik dan tepat untuk mengajarkan anak-anak diusia dini. dan juga diperlukan manegement waktu yang baik agar tidak datang terlambat seperti waktu yang telah dijanjikan.

Jumlah Murid yang hadir
TK A : 4 Siswa
TK B : 6 Siswa


Jumat, 13 November 2015

Paud Generasi Penuai Minggu ke-4

Pengajaran PAUD Generasi Penuai GBI Lippo Karawaci dalam Penerapan Mata Kuliah
Character Building : Pancasila bersama Teach For Indonesia




Kelas                      : LR01-LEC

Dosen                     : Hibur Tanis (D1986)

Waktu                     : Senin , 09 November 2015

Pukul                      : 08:00 – 13:00 WIB

Jumlah anak didik  : 16 anak

Lokasi     : PAUD Generasi Penuai, di daerah Lippo Ruko Pinangsia blok D Nomor 16 – 27


Tim yang Hadir :
Ketua     : Hansen L. (1901484410) – Tidak Hadir, Tim 2
Anggota :
1.Dennis H. (1901469095)
2.Eric S. (1901470872)
3.Michael H. (1901469082)
4.M Richie VKS. (1901510674)

Tim yang tidak hadir :
Tim 2 tidak hadir dikarenakan tim 2 melakukan pengajaran pada hari jumat


(Foto Bukti Kehadiran)

(Suasana Pembelajaran di kelas TK A)

(Suasana Pembelajaran di kelas TK B)

Pancasila sebagai nilai bagi pendidikan karakter adalah pembelajaran CB yang mengajarkan mahasiswa untuk membentuk pribadi Pancasila yang akan membuahkan sikap mental yang cerdas dan penuh tanggung jawab. Serta menciptakan sebuah kepribadian yang sesuai seperti sila – sila Pancasila seperti : beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berprikemanusiaan yang adil dan beradab, mendukung persatuan INDONESIA, mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan perorangan dalam bermusyawarah untuk mencapai mufakat serta mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan social.

Pada pertemuan hari senin kemarin kami berempat memberikan pembelajaran kepada anak-anak paud. Untuk senin ini materi pada kelas TK A dengan TK B disamakan yaitu, mengajarkan tentang sayur jagung dan juga wortel. Penerapan materi tersebut diterapkan melalui kegiatan mewarnai, menyanyi, serta menjelaskan manfaat-manfaat apa saja yang ada dalam sayur tersebut. Materi disiapkan oleh mahasiswa yang telah ditugaskan oleh guru paud, serta mahasiswa harus menjelaskan materi tersebut kepada murid-murid. Dan untuk Playgroup A dan Playgroup B materi yang disampaikan yaitu pengenalan sayur Brokoli dan juga buah Jeruk. Penerapan materi dilakukan dengan cara, mewarnai, serta menempel. Metode tersebut diharpakan dapat melatih otak anak dalam menggerakan tangan serta jemari-jemari.

Metode yang digunakan untuk pembelajaran tersebut adalah metode classroom, ceramah, serta demonstrasi. Metode ini dilakukan agar para murid dapat melihat secara langsung dalam bentuk gambar / alat peraga. Hal yang masih perlu diperbaiki adalah murid akan mudah terasa bosan, dan saat murid terasa bosan, akan sulit bagi mereka untuk berkonsentrasi terhadap materi yang diberikan.


Survey External



Survey Internal
Materi serta property lengkap. Penyampaian materi sudah sesuai dengan permintaan, serta adanya peningkatan progress pada cara mengajar murid.

Kesimpulan
Tujuan dari pengajaran adalah untuk mengajarkan para murid tentang manfaat-manfaat dari sayur serta mengenal warna dari tiap sayur yang diterapkan dengan cara gambar-gambar dan mewarnai , serta melatih otak dalam menggerakan tangan yang diterapkan dengan cara menempel dan merobek.


Next to Do
Minggu depan tidak ada pengajaran dikarenakan mahasiswa sedang UTS dilanjutkan kembali pada tanggal 30 November.

Jumlah Murid yang Hadir
TK A : 3 Siswa
Playgroup A : 3 Siswa
TK B : 5 Siswa
Playgroup B : 5 Siswa

          -------------------------------------------------------------------------------------------------------




Kelas     : LR01-LEC

Dosen     : Hibur Tanis (D1986)

Waktu    :  Jumat, 13 November 2015

Pukul      : 08:00WIB - 10.30WIB

Jumlah anak didik  :  17 Anak (Kelas Gabungan antara TK A dan B)

Lokasi   : PAUD Generasi Penuai, di daerah Lippo Ruko Pinangsia blok D Nomor 16 - 27 

Tim yang Hadir :
Ketua   :Hansen L.(1901484410)
Anggota   :
1.Dylan M.(1901481264)
2.Hansen L.(1901484410)
3.Joanna C .(1901468943)

Tim yang tidak hadir :

Tim 1 tidak hadir dikarenakan tim 1 melakukan pengajaran setiap hari senin


Pada pertemuan ini kami melakukan pembelajaran yang berupa lomba untuk memperingati hari pahlawan pada 10 november lalu . Pada kegiatan ini semua murid - murid akan mengikuti lomba - lomba yang disediakan oleh guru PAUD dan di bantu oleh para mahasiswa yang akan memberi arahan kepada murid - muridnya juga yang menjadi juri untuk lomba tersebut . pada kegiatan ini terdapat materi tentang menyanyi lagu kebangsaan dan lomba - lomba . Kegiatan lomba - lomba terdiri dari lomba makan kerupuk  dan lomba bola kelereng.

Pada pukul delapan para murid - murid datang memakai baju olahraga. Seperti biasanya sebelum memulai kegiatan pada murid - murid berdoa sebelum berlajar . Setelah itu kami diberi arahan oleh guru PAUD untuk memimpin dalam membimbing para murid untuk bernyanyi lagu kebangsaan dan membantu dalam kegiatan lomba . Ketika kegiatan lomba kami berperan sebagai juri untuk mengawasi para murid mengikuti lomba agar mareka menaati peraturan lomba - lomba tersebut . 

Pertemuan kali ini menggunakan metode Problem Solving , yang memberikan para murid - murid untuk meyelesaikan suatu masalah denga pikiran dan intuitif seperti cara memakan kerupuk tanpa tangan dan memasukan kelereng dalam botol hanya memakai sendok .


Survey Eksternal


Survey Internal 
pada hari ini kami membawa materi yang bertema hari pahlawan yang terdiri dari kegiatan bernyanyi lagu kebangsaan dan lomba - lomba . Dalam pembawaan materi bernyanyi lagu kebangsaan masih bisa dibilang cukup karena pembawaan materi yang kurang kreatif . 



Kesimpulan 
Hari pahlawan merupakan hari yang penting untuk diperingati oleh semua orang . Juga lebih pentingnya yaitu memberi pendidikan yang bertema hari pahlawan kepada para murid - murid yang nantinya akan menjadi penerus bangsa agar selalu mengingat jasa - jasa pahlawan pembela negara  . Belajar tidak selalu harus menggunakan buku, berhitung, atau menggunakan perlengkapan lainnya. Tetapi pembelajaran seperti problem solving juga perlu diterapkan karena melatih para murid - muridnya untuk lebih kreatif dalam menyelesaikan suatu masalah .


Next to Do


Minggu depan tidak ada pengajaran dikarenakan mahasiswa sedang UTS dilanjutkan kembali pada tanggal 30 November.

Jumlah Murid yang hadir
16 Anak yang hadir (Kelas Gabungan antara TK A dan B).

Jumat, 06 November 2015

Paud Generasi Penuai Minggu ke-3

Pengajaran Paud di PAUD Generasi Penuai GBI Lippo Karawaci  dalam Penerapan Mata Kuliah 
Character Building : Pancasila bersama Teach For Indonesia


Kelas     : LR01-LEC

Dosen     : Hibur Tanis (D1986)

Waktu    :  Senin  , 02 November 2015

Pukul      : 08:00WIB - 13:00WIB

Jumlah anak didik       : 16 anak

Lokasi   : PAUD Generasi Penuai, di daerah Lippo Ruko Pinangsia blok D Nomor 16 - 27 

Tim yang Hadir :
Ketua   :Hansen L.(1901484410)
Anggota   :
1.Eric S.  (1901470872)
2.Dylan M.(1901481264)
3.Hansen L.(1901484410)
4.Joanna C .(1901468943)

Tim yang tidak hadir :
Tim 2 tidak hadir dikarenakan tim 2 melakukan pengajaran setiap hari jumat


Pancasila sebagai nilai bagi pendidikan karakter adalah adalah pembelajarn CB yang mengajarkan mahasiswa untuk membentuk pribadi pancasila yang  akan membuahkan sikap mental yang cerdas penuh tanggung jawab . Serta menciptakan sebuah kepribadian yang sesuai seperti sila  - sila pancasila seperti : beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa , berprikemanusiaan yang adil dan beradab , mendukung persatuan INDONESIA , mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan perorangan dalam bermusyawarah untuk mencapai mufakat serta mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial.

Pada minggu sebelumnya kami diminta untuk menyiapkan materi untuk pembelajaran TK A dan TK B . Setiap kelompok masing - masing mendapat materi yang berbeda materi . materi untuk kelompok TK A adalah materi yang bertema Sayur - Sayuran dan Buah - Buahan . Penerapan materi tersebut diterapkan melalui  kegiatan menggambar , menulis , mengeja, menghitung , dan menjelaskan makna dari warna - warna , dan rasa dari Sayur - Sayuran dan Buah - Buahan tersebut . persiapan materi tersebut disiapkan mahasiswa dan mahasiswa harus menjelaskan kepada murid - muridnya . juga menampilkan materi dalam bentuk soal -soal berupa: menggambar, dan menulis yang telah disiapkan oleh mahasiwa . Materi untuk kelompok TK B adalah materi yang bertema Binatang Terbang dan tanaman . Penerapan materi tersebut diterapkan melalui  kegiatan menggambar , menulis , mengeja, menghitung , dan memperlihatkan bagimana burung terbang dengan membawa burung hidup yang dibawa oleh guru paud sebagai bahan demonstrasi juga mengajarkan para murud - murid untuk membuat angka . persiapan materi tersebut disiapkan mahasiswa dan mahasiswa harus menjelaskan kepada murid - muridnya . juga menampilkan materi dalam bentuk soal -soal berupa: menggambar, dan menulis yang telah disiapkan oleh mahasiwa . Untuk pembelajaran Playgroup A dan Playgroup B materi yang disampaikan sama yaitu mewarnai dan belajar alfabet .

Metode yang digunakan untuk pembelajaran tersebut adalah metode classroom , ceramah , dan demonstrasi . Hal postifnya dari metode tersebut adalah para murid dapat melihat secara langsung dalam bentuk gambar dan juga aslinya dari materi yang dijelaskan tersebut . Hal yang masih kurang baiknya adalah para murid akan mudah terasa bosan dan susah untuk berkonsentrasi  karena untuk para murid masih berumur usia dini mereka masih lebih senang bermain .  

Survey Eksternal



Survey Internal 
Pada hari ini kami sudah membawa properti lengkap . Juga sudah menyampaikan materi yang sesuai dengan permintaan guru PAUD dan menyampaikan materi tersebut lebih menarik untuk para
 murid - muridnya .

Kesimpulan 
Tujuan dari pengajaran hari ini adalah untuk mengajarkan para murid tentang sayur - sayuran , buah buahan , binatang terbang ,dan tanaman yang diterapkan dengan gambar - gambar  , demonstrasi berupa benda hidup, dan penjelasan dari materi tersebut.

Next to do
Akan ada pertukaran mahasiswa yang mengajar hari jumat berpindah ke hari senin dan yang hari senin berpindah ke hari jumat karena kami diminta oleh guru PAUD untuk bertukar hari . 

Jumlah Murid yang hadir
TK A : 4 Siswa
Playgroup A : 3 Siswa
TK B : 5 Siswa
Playgroup B : 5 Siswa





-------------------------------------------------------------------------------------------------------




Kelas     : LR01-LEC

Dosen     : Hibur Tanis (D1986)

Waktu    :  Jumat, 6 November 2015

Pukul      : 08:00WIB - 10.30WIB

Jumlah anak didik  :  17 Anak (Kelas Gabungan antara TK A dan B)

Lokasi   : PAUD Generasi Penuai, di daerah Lippo Ruko Pinangsia blok D Nomor 16 - 27 

Tim yang Hadir :
Ketua   : Hansen L.(1901484410) - Tidak Hadir, Tim 1
Anggota   :
1. Dennis H.      (1901469095)
2. Michael H.    (1901469082)
3. M Richie VKS. (1901510674)

Tim yang tidak hadir :
Tim 1 tidak hadir dikarenakan tim 1 melakukan pengajaran setiap hari senin


 Anak-anak PAUD bersiap untuk tidur



 Suasana praktek mengosok gigi




Foto bukti kehadiran



Pada pertemuan hari jumat kemarin kami bertiga melakukan pembelajaran kepada anak-anak paud, bagaimana cara menggosok gigi dan tidur malam dengan baik dan benar. Anak-anak paud generasi penuai membawa gosok gigi, pakaian tidur, serta alat-alat tidur seperti bantal guling, dan boneka.  Bukan hanya anak-anak paud saja yang mengenakan pakaian tidur, kami bertiga dan para guru-guru paud tersebutpun menggunakan pakaian tidur.
Pada pertemuan minggu ini kegiatan dimulai pada pukul delapan pagi, anak-anak dikumpulkan di aula untuk berbaris. Kemudian mereka mengganti baju tidur di ruangan yang terpisah, laki-laki dikelas TK B sedangkan perempuan di kelas TK A. selanjutnya anak-anak paud tersebut bergantian secara satu persatu ketoilet untuk mempraktekkan bagaimana cara menggosok gigi. Setelah mereka selesai kami bertiga, para guru-guru paud, dan juga anak-anak paud mempraktekkan tidur malam selama bebarapa menit.

Pertemuan kali ini menggunakan metode praktek secara langsung, yang membiarkan anak-anak paud mengenal dan mempelajari cara menggosok gigi dan tata tertib saat ingin tidur. Dengan mempraktekkannya anak-anak paud langsung mengerti dan dapat melakukan secara langsung ketika mereka sampai dirumah.


Survey Eksternal




Survey Internal 
Pada hari ini kami sudah membawa perlengkapan dengan lengkap yang diperintahkan oleh guru-guru PAUD yaitu berupa pakaian tidur dan alat menggosok gigi,kami tidak menggunakan almamater dikarenakan kami mengenakan pakaian tidur .


Kesimpulan 
Belajar tidak selalu harus menggunakan buku, berhitung, atau menggunakan perlengkapan lainnya. Tetapi pembelajaran aktifitas sehari-hari seperti tidur dan gosok gigi adalah hal yang diperlukan. Agar anak-anak tau bagaimana melakukan sesuatu hal dengan cara baik dan benar

Next to do
Menyiapkan materi untuk pertemuan selanjutnya, yaitu latihan membuat huruf-huruf dan mencari gambar sayur-sayuran .

Jumlah Murid yang hadir
17 Anak yang hadir (Kelas Gabungan antara TK A dan B).



Jumat, 30 Oktober 2015

Paud Generasi Penuai Minggu ke-2

Pengajaran Paud di PAUD Generasi Penuai GBI Lippo Karawaci  dalam Penerapan Mata Kuliah 
Character Building : Pancasila bersama Teach For Indonesia 



Kelas     : LR01-LEC

Dosen     : Hibur Tanis (D1986)

Waktu    :  Senin  , 26 Oktober 2015

Pukul      : 08:00WIB - 13:00WIB

Jumlah anak didik       : 16 anak

Lokasi   : PAUD Generasi Penuai, di daerah Lippo Ruko Pinangsia blok D Nomor 16 - 27 

Tim yang Hadir :
Ketua   :Hansen L.(1901484410)
Anggota   :
1.Eric S.  (1901470872)
2.Dylan M.(1901481264)
3.Hansen L.(1901484410)
4.Joanna C .(1901468943)

Tim yang tidak hadir :
Tim 2 tidak hadir dikarenakan tim 2 melakukan pengajaran setiap hari jumat

Eric S.  (1901470872)

 
Dylan M.(1901481264)

 
Hansen L.(1901484410)

 
Joanna C .(1901468943)



Pancasila sebagai nilai bagi pendidikan karakter adalah adalah pembelajarn CB yang mengajarkan mahasiswa untuk membentuk pribadi pancasila yang  akan membuahkan sikap mental yang cerdas penuh tanggung jawab . Serta menciptakan sebuah kepribadian yang sesuai seperti sila  - sila pancasila seperti : beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa , berprikemanusiaan yang adil dan beradab , mendukung persatuan INDONESIA , mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan perorangan dalam bermusyawarah untuk mencapai mufakat serta mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial.

Pada minggu sebelumnya kami diminta untuk menyiapkan materi untuk TK A dan TK B yang harus dibawa untuk minggu ini . Setiap kelompok masing - masing mendapat materi yang berbeda dipertemuan hari ini . Materi untuk kelompok TK A adalah membawa materi tentang empat sehat lima sempurna dan hewan laut yang diterapkan melaui  kegiatan menggambar , menulis , mengeja, menghitung , dan menjelaskan makna dari empat sehat lima sempurna dan hewan laut tersebut . Persiapan materi tentang empat sehat lima sempurna  dan hewan laut ditampilkan dalam bentuk gambar - gambar dan soal menggambar dan menulis . Untuk kelompok TK B adalah mengajar materi tentang tempat - tempat umum seperti : perpustakaan , Taman , bioskop ,Dll . Materi tersebut diterapkan melaui  kegiatan menggambar , menulis , mengeja, menghitung , dan menjelaskan fungsi dari tempat - tempat umum tersebut . Persiapan materi tentang tempat - tempat umum ditampilkan dalam soal menggambar . Untuk pembelajaran Playgroup A dan Playgroup B materi yang disampaikan sama yaitu menempel origami ikan dan mewarnai donat . 

Metode yang digunakan untuk pembelajaran tersebut adalah metode classroom , ceramah , dan demonstrasi . Hal postifnya dari metode tersebut adalah para murid dapat melihat secara langsung dalam bentuk gambar dari materi yang dijelaskan tersebut . Hal yang masih kurang baiknya adalah para murid akan mudah terasa bosan karena untuk para murid masih berumur usia dini mereka masih lebih senang bermain . 

Survey Eksternal

 
Survey Internal 
Pada hari ini kami sudah membawa properti lengkap, tetapi kami masih cukup dalam pembawaan materi karena terkesan kau dan kurang menarik untuk para muridnya .

Kesimpulan 
Tujuan dari pengajaran hari ini adalah untuk mengajarkan para murid tentang makanan sehat , hewan laut , Tempat - tempat umum yang diterapkan dengan gambar - gambar dan penjelasan dari materi tersebut.

Next to do
menerapkan pembelajaran yang lebih menarik dan pembawaan materi yang lebih seru  untuk murid - murid .

Jumlah Murid yang hadir
TK A : 2 Siswa
Playgroup A : 3 Siswa
TK B : 6 Siswa
Playgroup B : 5 Siswa





-------------------------------------------------------------------------------------------------------





Kelas     : LR01-LEC

Dosen     : Hibur Tanis (D1986)

Waktu    :  Jumat, 30 Oktober 2015

Pukul      : 08:00WIB - 10.30WIB

Jumlah anak didik  :  14 Anak (Kelas Gabungan antara TK A dan B)

Lokasi   : PAUD Generasi Penuai, di daerah Lippo Ruko Pinangsia blok D Nomor 16 - 27 

Tim yang Hadir :
Ketua   : Hansen L.(1901484410) - Tidak Hadir, Tim 1
Anggota   :
1. Dennis H.      (1901469095)
2. Michael H.    (1901469082)
3. V. Richie M. (1901510674)

Tim yang tidak hadir :
Tim 1 tidak hadir dikarenakan tim 1 melakukan pengajaran setiap hari senin


Suasana pengajaran dengan games



Suasana pengajaran dengan menonton film



Foto bukti kehadiran



Pada pengajaran/pertemuan hari ini, kami bertiga memberikan sebuah tontonan film edukasi serta games yang bertujuan untuk mengajarkan kepada anak-anak PAUD tentang arti bertoleransi, bahwa dalam suatu permainan akan ada saatnya menang dan kalah, tetapi itu bukan menjadikan suatu hal yang membuat kita malu jika kita kalah dan sombong jika kita menang.

Pada pertemuan hari Jumat ini, tidak banyak yang kami lakukan, karena jadwal PAUD hari jumat adalah jadwal dimana anak-anak diminta untuk melakukan suatu interaksi antar sesama, dan dengan mengajarkan suatu hal positif melalui praktek langsung. Berbeda dengan pada saat hari Senin yang sudah diberikan bahan-bahan pengajaran. Persiapan yang dilakukan juga tidak sebanyak saat hari Senin, kami hanya menyiapkan bahan menonton film yang bermanfaat untuk anak-anak PAUD, dan ikut bersama-sama dalam proses interaksi bersama mereka. Serta, dikarenakan kelas TK A dan TK B digabung, sehingga proses mengajar tidak bisa berlangsung lama seperti pada saat hari Senin.

Metode yang digunakan pada saat pengajaran adalah metode praktek langsung yang membiarkan anak-anak PAUD mengenal dan mempelajari suatu tata aturan dalam kehidupan bersama, seperti membantu satu sama lain, bermain dengan jujur dan adil, dan bagi anak yang berprestasi atau aktif dalam suatu games akan diberikan sebuah reward tertulis maupun dalam bentuk gambar.

Survey Eksternal




Survey Internal 
Seorang tokoh guru yang dapat ditiru adalah Miss Marina, ia adalah guru yang sangat sabar, penyayang namun juga tegas dalam mendidik anak-anak PAUD. Kami dapat meniru dari sikapnya yang baik dan penyayang teerhadap anak-anak PAUD, tetapi bukan berarti kami memanjakan mereka, tetap juga berperilaku tegas dalam menyikapinya.

Kesimpulan 
Belajar sambil bermain bukan berarti sedikit belajar dan banyak bermain, tetapi dengan belajar sambil bermain, mampu meningkatkan semangat anak dalam belajar yang anak-anak PAUD sendiri juga dapat petik dan menjadikan hal-hal yang baik ini menjadi kebiasaan mereka. Seperti, mengembalikan barang sesudah digunakan.

Next to do
Kami akan melakukan games-games yang lebih menarik, tetapi mengingat jangkauan umur dan fisik yang jauh berbeda antara TK A dan TK B, kami berencana untuk memberikan anak-anak PAUD sebuah pengajaran sekaligus juga games yang tidak melibatkan suatu permainan yang membutuhkan fisik.

Jumlah Murid yang hadir
14 Anak yang hadir (Kelas Gabungan antara TK A dan B).


Sabtu, 24 Oktober 2015

PAUD Generasi Penuai

Pengajaran Paud di PAUD Generasi Penuai GBI Lippo Karawaci  dalam Penerapan Mata Kuliah 
Character Building : Pancasila bersama Teach For Indonesia


Dosen                             :  Hibur Tanis - D1986

Kelas                                 :  LR01-LEC

Hari ,tanggal                :  Senin, 19 Oktober 2015

Waktu                             :  07.00-12.30

Durasi                             :  4 jam 30 menit

tLokasi                           :  Gbi Lippo, Ruko Pinangsia blok D nomor 16-27

Jumlah anak didik    : 15

PIC                                 : Miss. Evie Puspita

Anggota yang hadir:
  • Eric S.  (1901470872)
  • Dylan M.(1901481264)
  • Hansen L.(1901484410)
  • Joanna C .(1901468943)
Anggota yang tidak hadir : 
  • Dennis H.(1901469095)
  • Michael H.(1901469082)
  • Richie V.(1901510674)
(Dylan sebelah kiri, Eric Sebelah kanan)
(Joanna)

Pada hari ini kami akan mengajarkan materi tentang : alphabet abc dan cara membacanya. kami membawa materi seuai dengan yang direncanakan. tetapi kami mengajar terlalu cepat, di karenakan kesalah pahaman kami dalam durasi mengajar. oleh karena itu, hari senin kami menyampaikan materi yang telah disiapkan dan membantu miss dalam mengajar.

Pada pukul 06:15 kami berkumpul di PAUD Generasi Penuai, di daerah Lippo Ruko Pinangsia blok D Nomor 16 - 27 . Kami menunggu guru PAUD karena sebelum memulai mengajar , kami akan di breifing dulu . Pada pukul 07:00 kami bertemu dengan guru paud kami yang kan memberikan breifing . Ketika Breifing kami diberi aturan - aturan yang harus dikuti di PAUD tersebut  . Kami diberi tugas untuk mengajar TK dan Playgrup . Juga kami dibagi menjadi dua kelompok kelompok pertama mengajar TK A dan Playgroup A , kelompok kedua mangejar TK B dan Playgroup B . Pembelajaran dibagi menjadi dua sesi . Sesi pertama  pukul 08:00 sampai pukul 11:00 adalah pembelajaran TK dan sesi dua pukul 11:00 sampai pukul 13:00 adalah pembelajaran Playgroup . Karena pertemuan pertama kami disuruh untuk mengikuti pembelajaran sesuai yang di jelaskan oleh guru PAUD .Pukul 08:00 murid - murid TK mulai berdatangan . Tidak lama kemudian bel masuk berbunyi .Sebelum memulai pembelajaran kami berkumpul di ruang tengah untuk berdoa sebelum belajar . Setelah itu kami memperkenalkan diri kami masing - masing . Kami dipanggil oleh murid - murid kami dengan Mr dan Mrs  . Setelah itu kami masuk ke kelas yang sudah di breifing tadi . Eric dan Dylan mengajar semua TK dan Playgroup A . Hansen dan Joanna mengajar semua TK dan Playgroup B. 

Disana kami membantu guru paud dalam mengajar seperti  membaca , menulis ,mengeja , menggambar , juga mengajarkan cara menjaga lingkungan , dan peduli terhadap alam (seperti mencintai binatang) . Kami memberi motivasi dan mengajak murid - murid bermain agar semangat belajar mereka semakin bertingkat . Juga membantu beberapa murid dalam mengeja dan menulis dengan baik dan benar . karena ada beberapa murid yang masih belum bisa berbicara dengan lancar dan menulis yang rapi . 


pembelajaran di Playgroup ini cukup unik karena selain kami mengajar seperti  membaca , menulis ,mengeja , menggambar , juga mengajarkan cara menjaga lingkungan , dan peduli terhadap alam (seperti mencintai binatang) . Kami memberi motivasi dan mengajak murid - murid bermain agar semangat belajar mereka semakin bertingkat . Juga membuat mereka tetap terbangun sampai jam pulang . Karena guru paud kami mengingatkan bawa jam tidur aanak usia dini memang tidak bisa di tebak . Jadi selain kita mengajar kita juga harus membuat susasana yang seru dan tidak membosankan . Selain itu berhubung murid playgroup banyak yang tidak bisa berbicara dengan lancar kadang mereka mengekspresikan rasa bosan mereka dalam suatu tindakan . Seperti  ada murid yang bosan dia mengekspresikan rasa bosanya dengan membalik semua kursi yang ada di kelas . 



Survey eksternal

Survey Internal:
Menurut kami, kami mengajar dengan cukup baik mengingat ini adalah kali pertama kami dalam mengajar PAUD. Kami hadir tepat waktu, membawa materi yang sudah direncanakan meskipun tidak sesuai dengan alokasi waktunya karena kurang komunikasi dengan pihak PAUD, dan bersikap yang baik dan sopan. Yang perlu ditingkatkan di pertemuan selanjutnya adalah meng-follow up pihak PAUD tentang materi dan durasi pengajaran serta penggunaan bahasa yang lebih mudah dimengerti anak- anak usia dini.

Kesimpulan
Pengajaran hari ini bertujuan untuk mengajarkan anak-anak alphabet dasar agar dapat membantu kemajuan pendidikan sejak dini.





Dosen                           :  Hibur Tanis - D1986

Kelas                            :  LR01-LEC

Hari ,tanggal            : Jumat, 23 Oktober 2015

Waktu                           :  08.00-10.30

Durasi                          :  2 jam 30 menit

tLokasi                        :  Gbi Lippo, Ruko Pinangsia blok D nomor 16-27

Jumlah anak didik  : 17

PIC                                : Miss. Evie Puspita

Anggota yang hadir:

  • Dennis H.(1901469095)
  • Hansen L.(1901484410)
  • Michael H.(1901469082)
  • Richie V.(1901510674)
Anggota yang tidak hadir : 
  • Eric S.  (1901470872)
  • Dylan M.(1901481264)
  • Joanna C .(1901468943)
(Dennis paling kanan)


(michael)

(Hansen)

(richie)



Pada hari ini kami menyiapkan materi bertema sports and games, yaitu menghindar dan gerakan kepala. oleh karena itu kami akan mengajak anak-anak untuk bermain lagu "kalau kau senang hati" disertai dengan gerakan- gerakan dasar dan lagu "head shoulder knees and toes" sekaligus pengenalan dasar terhadap anggota tubuh dan di ujung permainan kami akan mengajak anak-anak bermain tari kursi dengan lagu "happy ya ya ya" dimana setiap anak akan memutari kursi dan ketika lagu habis anak-anaka akan berusaha mencari kursi kosong untuk diduduki dan anak yang tidak dapat kursi ikut bersama kami menyanyikan lagu tersebut. tak lupa juga kami mengajarkan bahwa dalam permainan tidak ada yang menang maupun kalah.
Pagi itu kami berkumpul di PAUD Generasi Penuai, di daerah Lippo Ruko Pinangsia blok D Nomor 16 - 27 pada pukul 07:13 WIB. Kami menunggu guru PAUD tiba hingga pukul 08:00, anak-anak mulai berdatangan dan pada pukul 08:30 kegiatan PAUD dimulai.Saat pertama kali masuk ke ruangan, kelas Playgroup, TK A & TK B digabung saat itu, karena katanya setiap hari jumat memang kelas gabungan. Terdapat 18 anak yang perlu di ajar, kebetulan hari itu bertemakan Olahraga, jadi kami mempersiapkan games-games seperti lagu "Kepala pundak lutut kaki dengan gerakan", "Kalau hatiku senang", dan permainan "Kursi musik". Ada kendala seperti kami kekurangan materi untuk diajarkan, tetapi syukurlah semua berjalan dengan baik selama 1 jam kami mengajar.

Setelah kegiatan mengajar anak-anak dibiasakan untuk menggunakan jam makan dengan makan bersama di sebuah meja yang disusun dengan rapi, berdoa & mencuci tangan sebelum makan dan saling menunggu dengan tertib lalu memulai untuk makan bersama-sama.Setelah kegiatan makan tibalah saatnya untuk jam bermain, semua anak menggunakan fasilitas permainan yang disediakan oleh PAUD. Sebagian kecil anak memang ada yang membutuhkan perhatian khusus, karena ada yang masih belum lancar berbicara dan ada yang memiliki keterbatasan fisik karena terlahir dengan kaki yang lemah.

Survey Eksternal


Survey Internal:
Pada hari ini kami sudah membawa materi dengan baik, tetapi kami tidak membawa properti pendukung seperti yang diminta oleh missnya yaitu lagu berupa softcopy yang bisa diputar melalui audio.

Kesimpulan:
tujuan dari pengajaran hari ini adalah pengenalan anggota tubuh dasar dan melakukan aktivitas
berolah raga agar menjaga tubuh tetap sehat dan aktif serta membiasakan anak-anak untuk berolahraga seminggu sekali.