Pengajaran PAUD Generasi Penuai GBI Lippo Karawaci dalam Penerapan Mata Kuliah
Character Building : Pancasila bersama Teach For Indonesia
Kelas : LR01-LEC
Dosen : Hibur Tanis (D1986)
Waktu : Senin , 09 November 2015
Pukul : 08:00 – 13:00 WIB
Jumlah anak didik : 16 anak
Tim yang Hadir :
Ketua : Hansen L. (1901484410) – Tidak Hadir, Tim 2
Anggota :
1.Dennis H. (1901469095)
2.Eric S. (1901470872)
3.Michael H. (1901469082)
4.M Richie VKS. (1901510674)
Tim yang tidak hadir :
Tim 2 tidak hadir dikarenakan tim 2 melakukan
pengajaran pada hari jumat
(Foto Bukti Kehadiran)
(Suasana Pembelajaran di kelas TK A)
(Suasana Pembelajaran di kelas TK B)
Pancasila sebagai nilai bagi pendidikan karakter adalah
pembelajaran CB yang mengajarkan mahasiswa untuk membentuk pribadi Pancasila yang
akan membuahkan sikap mental yang cerdas dan penuh tanggung jawab. Serta
menciptakan sebuah kepribadian yang sesuai seperti sila – sila Pancasila seperti
: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berprikemanusiaan yang adil
dan beradab, mendukung persatuan INDONESIA, mendukung kerakyatan yang
mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan perorangan dalam
bermusyawarah untuk mencapai mufakat serta mendukung upaya untuk mewujudkan
keadilan social.
Pada pertemuan hari senin kemarin kami berempat
memberikan pembelajaran kepada anak-anak paud. Untuk senin ini materi pada
kelas TK A dengan TK B disamakan yaitu, mengajarkan tentang sayur jagung dan
juga wortel. Penerapan materi tersebut diterapkan melalui kegiatan mewarnai,
menyanyi, serta menjelaskan manfaat-manfaat apa saja yang ada dalam sayur
tersebut. Materi disiapkan oleh mahasiswa yang telah ditugaskan oleh guru paud,
serta mahasiswa harus menjelaskan materi tersebut kepada murid-murid. Dan untuk
Playgroup A dan Playgroup B materi yang disampaikan yaitu pengenalan sayur
Brokoli dan juga buah Jeruk. Penerapan materi dilakukan dengan cara, mewarnai,
serta menempel. Metode tersebut diharpakan dapat melatih otak anak dalam
menggerakan tangan serta jemari-jemari.
Metode yang digunakan untuk pembelajaran tersebut adalah
metode classroom, ceramah, serta demonstrasi. Metode ini dilakukan agar para
murid dapat melihat secara langsung dalam bentuk gambar / alat peraga. Hal yang
masih perlu diperbaiki adalah murid akan mudah terasa bosan, dan saat murid
terasa bosan, akan sulit bagi mereka untuk berkonsentrasi terhadap materi yang
diberikan.
Survey External
Survey Internal
Materi serta property lengkap. Penyampaian materi sudah
sesuai dengan permintaan, serta adanya peningkatan progress pada cara mengajar
murid.
Kesimpulan
Tujuan dari pengajaran adalah untuk mengajarkan
para murid tentang manfaat-manfaat dari sayur serta mengenal warna dari tiap
sayur yang diterapkan dengan cara gambar-gambar dan mewarnai , serta melatih
otak dalam menggerakan tangan yang diterapkan dengan cara menempel dan merobek.
Next to Do
Minggu depan tidak ada pengajaran dikarenakan mahasiswa sedang UTS dilanjutkan kembali pada tanggal 30 November.
Jumlah Murid yang Hadir
TK A : 3 Siswa
Playgroup A : 3 Siswa
TK B : 5 Siswa
Playgroup B : 5 Siswa
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kelas : LR01-LEC
Dosen : Hibur Tanis (D1986)
Waktu : Jumat, 13 November 2015
Pukul : 08:00WIB - 10.30WIB
Jumlah anak didik : 17 Anak (Kelas Gabungan antara TK A dan B)
Lokasi : PAUD Generasi Penuai, di daerah Lippo Ruko Pinangsia blok D Nomor 16 - 27
Tim yang Hadir :
Ketua :Hansen L.(1901484410)
Anggota :
1.Dylan M.(1901481264)
2.Hansen L.(1901484410)
3.Joanna C .(1901468943)
Tim yang tidak hadir :
Tim 1 tidak hadir dikarenakan tim 1 melakukan pengajaran setiap hari senin
Pada pertemuan ini kami melakukan pembelajaran yang berupa lomba untuk memperingati hari pahlawan pada 10 november lalu . Pada kegiatan ini semua murid - murid akan mengikuti lomba - lomba yang disediakan oleh guru PAUD dan di bantu oleh para mahasiswa yang akan memberi arahan kepada murid - muridnya juga yang menjadi juri untuk lomba tersebut . pada kegiatan ini terdapat materi tentang menyanyi lagu kebangsaan dan lomba - lomba . Kegiatan lomba - lomba terdiri dari lomba makan kerupuk dan lomba bola kelereng.
Pada pukul delapan para murid - murid datang memakai baju olahraga. Seperti biasanya sebelum memulai kegiatan pada murid - murid berdoa sebelum berlajar . Setelah itu kami diberi arahan oleh guru PAUD untuk memimpin dalam membimbing para murid untuk bernyanyi lagu kebangsaan dan membantu dalam kegiatan lomba . Ketika kegiatan lomba kami berperan sebagai juri untuk mengawasi para murid mengikuti lomba agar mareka menaati peraturan lomba - lomba tersebut .
Pertemuan kali ini menggunakan metode Problem Solving , yang memberikan para murid - murid untuk meyelesaikan suatu masalah denga pikiran dan intuitif seperti cara memakan kerupuk tanpa tangan dan memasukan kelereng dalam botol hanya memakai sendok .
Survey Eksternal
Survey Internal
pada hari ini kami membawa materi yang bertema hari pahlawan yang terdiri dari kegiatan bernyanyi lagu kebangsaan dan lomba - lomba . Dalam pembawaan materi bernyanyi lagu kebangsaan masih bisa dibilang cukup karena pembawaan materi yang kurang kreatif .
Kesimpulan
Hari pahlawan merupakan hari yang penting untuk diperingati oleh semua orang . Juga lebih pentingnya yaitu memberi pendidikan yang bertema hari pahlawan kepada para murid - murid yang nantinya akan menjadi penerus bangsa agar selalu mengingat jasa - jasa pahlawan pembela negara . Belajar tidak selalu harus menggunakan buku, berhitung, atau menggunakan perlengkapan lainnya. Tetapi pembelajaran seperti problem solving juga perlu diterapkan karena melatih para murid - muridnya untuk lebih kreatif dalam menyelesaikan suatu masalah .
Next to Do
Minggu depan tidak ada pengajaran dikarenakan mahasiswa sedang UTS dilanjutkan kembali pada tanggal 30 November.
Jumlah Murid yang hadir
16 Anak yang hadir (Kelas Gabungan antara TK A dan B).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar