TFI

Jumat, 30 Oktober 2015

Paud Generasi Penuai Minggu ke-2

Pengajaran Paud di PAUD Generasi Penuai GBI Lippo Karawaci  dalam Penerapan Mata Kuliah 
Character Building : Pancasila bersama Teach For Indonesia 



Kelas     : LR01-LEC

Dosen     : Hibur Tanis (D1986)

Waktu    :  Senin  , 26 Oktober 2015

Pukul      : 08:00WIB - 13:00WIB

Jumlah anak didik       : 16 anak

Lokasi   : PAUD Generasi Penuai, di daerah Lippo Ruko Pinangsia blok D Nomor 16 - 27 

Tim yang Hadir :
Ketua   :Hansen L.(1901484410)
Anggota   :
1.Eric S.  (1901470872)
2.Dylan M.(1901481264)
3.Hansen L.(1901484410)
4.Joanna C .(1901468943)

Tim yang tidak hadir :
Tim 2 tidak hadir dikarenakan tim 2 melakukan pengajaran setiap hari jumat

Eric S.  (1901470872)

 
Dylan M.(1901481264)

 
Hansen L.(1901484410)

 
Joanna C .(1901468943)



Pancasila sebagai nilai bagi pendidikan karakter adalah adalah pembelajarn CB yang mengajarkan mahasiswa untuk membentuk pribadi pancasila yang  akan membuahkan sikap mental yang cerdas penuh tanggung jawab . Serta menciptakan sebuah kepribadian yang sesuai seperti sila  - sila pancasila seperti : beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa , berprikemanusiaan yang adil dan beradab , mendukung persatuan INDONESIA , mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan perorangan dalam bermusyawarah untuk mencapai mufakat serta mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial.

Pada minggu sebelumnya kami diminta untuk menyiapkan materi untuk TK A dan TK B yang harus dibawa untuk minggu ini . Setiap kelompok masing - masing mendapat materi yang berbeda dipertemuan hari ini . Materi untuk kelompok TK A adalah membawa materi tentang empat sehat lima sempurna dan hewan laut yang diterapkan melaui  kegiatan menggambar , menulis , mengeja, menghitung , dan menjelaskan makna dari empat sehat lima sempurna dan hewan laut tersebut . Persiapan materi tentang empat sehat lima sempurna  dan hewan laut ditampilkan dalam bentuk gambar - gambar dan soal menggambar dan menulis . Untuk kelompok TK B adalah mengajar materi tentang tempat - tempat umum seperti : perpustakaan , Taman , bioskop ,Dll . Materi tersebut diterapkan melaui  kegiatan menggambar , menulis , mengeja, menghitung , dan menjelaskan fungsi dari tempat - tempat umum tersebut . Persiapan materi tentang tempat - tempat umum ditampilkan dalam soal menggambar . Untuk pembelajaran Playgroup A dan Playgroup B materi yang disampaikan sama yaitu menempel origami ikan dan mewarnai donat . 

Metode yang digunakan untuk pembelajaran tersebut adalah metode classroom , ceramah , dan demonstrasi . Hal postifnya dari metode tersebut adalah para murid dapat melihat secara langsung dalam bentuk gambar dari materi yang dijelaskan tersebut . Hal yang masih kurang baiknya adalah para murid akan mudah terasa bosan karena untuk para murid masih berumur usia dini mereka masih lebih senang bermain . 

Survey Eksternal

 
Survey Internal 
Pada hari ini kami sudah membawa properti lengkap, tetapi kami masih cukup dalam pembawaan materi karena terkesan kau dan kurang menarik untuk para muridnya .

Kesimpulan 
Tujuan dari pengajaran hari ini adalah untuk mengajarkan para murid tentang makanan sehat , hewan laut , Tempat - tempat umum yang diterapkan dengan gambar - gambar dan penjelasan dari materi tersebut.

Next to do
menerapkan pembelajaran yang lebih menarik dan pembawaan materi yang lebih seru  untuk murid - murid .

Jumlah Murid yang hadir
TK A : 2 Siswa
Playgroup A : 3 Siswa
TK B : 6 Siswa
Playgroup B : 5 Siswa





-------------------------------------------------------------------------------------------------------





Kelas     : LR01-LEC

Dosen     : Hibur Tanis (D1986)

Waktu    :  Jumat, 30 Oktober 2015

Pukul      : 08:00WIB - 10.30WIB

Jumlah anak didik  :  14 Anak (Kelas Gabungan antara TK A dan B)

Lokasi   : PAUD Generasi Penuai, di daerah Lippo Ruko Pinangsia blok D Nomor 16 - 27 

Tim yang Hadir :
Ketua   : Hansen L.(1901484410) - Tidak Hadir, Tim 1
Anggota   :
1. Dennis H.      (1901469095)
2. Michael H.    (1901469082)
3. V. Richie M. (1901510674)

Tim yang tidak hadir :
Tim 1 tidak hadir dikarenakan tim 1 melakukan pengajaran setiap hari senin


Suasana pengajaran dengan games



Suasana pengajaran dengan menonton film



Foto bukti kehadiran



Pada pengajaran/pertemuan hari ini, kami bertiga memberikan sebuah tontonan film edukasi serta games yang bertujuan untuk mengajarkan kepada anak-anak PAUD tentang arti bertoleransi, bahwa dalam suatu permainan akan ada saatnya menang dan kalah, tetapi itu bukan menjadikan suatu hal yang membuat kita malu jika kita kalah dan sombong jika kita menang.

Pada pertemuan hari Jumat ini, tidak banyak yang kami lakukan, karena jadwal PAUD hari jumat adalah jadwal dimana anak-anak diminta untuk melakukan suatu interaksi antar sesama, dan dengan mengajarkan suatu hal positif melalui praktek langsung. Berbeda dengan pada saat hari Senin yang sudah diberikan bahan-bahan pengajaran. Persiapan yang dilakukan juga tidak sebanyak saat hari Senin, kami hanya menyiapkan bahan menonton film yang bermanfaat untuk anak-anak PAUD, dan ikut bersama-sama dalam proses interaksi bersama mereka. Serta, dikarenakan kelas TK A dan TK B digabung, sehingga proses mengajar tidak bisa berlangsung lama seperti pada saat hari Senin.

Metode yang digunakan pada saat pengajaran adalah metode praktek langsung yang membiarkan anak-anak PAUD mengenal dan mempelajari suatu tata aturan dalam kehidupan bersama, seperti membantu satu sama lain, bermain dengan jujur dan adil, dan bagi anak yang berprestasi atau aktif dalam suatu games akan diberikan sebuah reward tertulis maupun dalam bentuk gambar.

Survey Eksternal




Survey Internal 
Seorang tokoh guru yang dapat ditiru adalah Miss Marina, ia adalah guru yang sangat sabar, penyayang namun juga tegas dalam mendidik anak-anak PAUD. Kami dapat meniru dari sikapnya yang baik dan penyayang teerhadap anak-anak PAUD, tetapi bukan berarti kami memanjakan mereka, tetap juga berperilaku tegas dalam menyikapinya.

Kesimpulan 
Belajar sambil bermain bukan berarti sedikit belajar dan banyak bermain, tetapi dengan belajar sambil bermain, mampu meningkatkan semangat anak dalam belajar yang anak-anak PAUD sendiri juga dapat petik dan menjadikan hal-hal yang baik ini menjadi kebiasaan mereka. Seperti, mengembalikan barang sesudah digunakan.

Next to do
Kami akan melakukan games-games yang lebih menarik, tetapi mengingat jangkauan umur dan fisik yang jauh berbeda antara TK A dan TK B, kami berencana untuk memberikan anak-anak PAUD sebuah pengajaran sekaligus juga games yang tidak melibatkan suatu permainan yang membutuhkan fisik.

Jumlah Murid yang hadir
14 Anak yang hadir (Kelas Gabungan antara TK A dan B).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar