Senin, 30 November 2015

Paud Generasi Penuai Minggu ke-5

Pengajaran Paud di PAUD Generasi Penuai GBI Lippo Karawaci  dalam Penerapan Mata Kuliah 
Character Building : Pancasila bersama Teach For Indonesia

Kelas                      : LR01-LEC

Dosen                     : Hibur Tanis (D1986)

Waktu                     : Senin , 30 November 2015

Pukul                      : 08:00 – 13:00 WIB

Jumlah anak didik  : 16 anak

Lokasi     : PAUD Generasi Penuai, di daerah Lippo Ruko Pinangsia blok D Nomor 16 – 27

Tim yang Hadir :
Ketua     : Hansen L. (1901484410) – Tidak Hadir, Tim 2
Anggota :
1.Dennis H. (1901469095)
2.Dylan M.(1901481264)
3.Eric S. (1901470872)
4.Michael H. (1901469082)

Tim yang tidak hadir :

Tim 2 tidak hadir dikarenakan tim 2 melakukan pengajaran pada hari jumat
(Bukti Kehadiran)
(Suasana Pembelajaran di kelas TK A)
(Suasana Pembelajaran di kelas TK B)


Pancasila sebagai nilai bagi pendidikan karakter adalah adalah pembelajarn CB yang mengajarkan mahasiswa untuk membentuk pribadi pancasila yang  akan membuahkan sikap mental yang cerdas penuh tanggung jawab . Serta menciptakan sebuah kepribadian yang sesuai seperti sila  - sila pancasila seperti : beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa , berprikemanusiaan yang adil dan beradab , mendukung persatuan INDONESIA , mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan perorangan dalam bermusyawarah untuk mencapai mufakat serta mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial.

Pada pertemuan kelima ini merupakan pertemuan terakhir di PAUD Generasi Penuai GBI Lippo Karawaci bagi tim 1 dalam melaksanakan kegiatan pengajaran . Pada malam sebelumnya kami diminta oleh Guru Paud untuk menyiapkan materi yang akan dibawa oleh mahasiswa keesokan harinya . Materi yang disiapkan untuk TK A adalah materi berupa pengenalan huruf H ,  pembacaan huruf H dengan huruf vokal , menebak gambar yang bermulai dari huruf H , dan cerita yang memiliki makna kehidupan . Materi yang disiapkan untuk Tk B adalah materi yang bertema kebun binatang . Materi tersebut berisi tentang dari cara perkembangbiakan hewan , macam - macam hewan yang ada di kebun binatang , dan cara menggambar hewan . Untuk materi Playgroup A adalah materi yang bertema berhitung seperti menghitung jumlah suatu benda dan melingkari angka . Materi Playgroup B adalah materi yang bertema operasi perhitungan dasar dan cara menulis  seperti menjumlahkan suatu gambar  dan cara menulis huruf . pada pertemuan ini kami menyiapkan properti pengajaran lebis sedikit dari pertemuan sebelumnya karena materi ini difokuskan agar mahasiswa dapat menjelaskan suatu materi yang jelas , menarik dan dapat dimengerti oleh para murid . properti yang digunakan hanya berupa latihan soal yang dibuat oleh para mahasiswa untuk para muridnya . 

Metode yang digunakan untuk pembelajaran tersebut adalah metode classroom , ceramah , dan demonstrasi . Hal postifnya dari metode tersebut adalah para murid dapat melihat secara langsung dalam bentuk gambar dan juga aslinya dari materi yang dijelaskan tersebut . Hal yang masih kurang baiknya adalah para murid akan mudah terasa bosan dan susah untuk berkonsentrasi  karena untuk para murid masih berumur usia dini mereka masih lebih senang bermain jadi para mahasiswa harus membuat pembelajarin tersebut menarik .

Survey Eksternal
  
Survey Internal 
Pada hari ini kami sudah menyampaikan materi dengan lengkap dan sesuai dengan materi yang diarahkan oleh Guru paud dan kami dapat membuat pembelajaran tersebut menarik walaupun hanya menggunakan sedikit properti juga ada beberapa mahasiswa yang telat datang 10 menit dikarenakan lalu lintas yang padat (macet) tapi para mahasiwa sudah meminta izin ke guru paud 30 menit sebelum masuk jam pembelajaran jadi para mahasiswa diizinkan untuk masuk dan membawa materi pembelajaran yang disiapkan oleh para mahasiswa    .

Kesimpulan 
Tujuan dari pengajaran hari ini adalalah perlunya membuat suatu materi menjadi menarik dalam pembelajaran paud karena setiap dalam mengajar anak - anak pada usia dini membutuhkan kesabaran , ide kreatif , juga motivasi agar dapat membuat para murid tertarik terhadap materi yang disampaikan oleh para mahasiswa .

Next to do
Tim 1 sudah menyelesaikan kegiatan penerapan mata kuliah Character Building : Pancasila
kegiatan selanjutnya akan dilakukan oleh Tim 2


Jumlah Murid yang hadir
TK A : 3 Siswa
Playgroup A : 3 Siswa
TK B : 6 Siswa
Playgroup B : 5 Siswa

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Kelas                      : LR01-LEC

Dosen                     : Hibur Tanis (D1986)

Waktu                     : Selasa , 08 Desember 2015

Pukul                      : 08:00 – 10:00 WIB

Jumlah anak didik  : 10 anak

Lokasi     : PAUD Generasi Penuai, di daerah Lippo Ruko Pinangsia blok D Nomor 16 – 27

Tim yang Hadir :
Ketua     : Hansen L. (1901484410) 
Anggota :
1. Joanna C .(1901468943)
2. M Richi VKS. (1901510674)

Tim yang tidak hadir :
Tim 1 tidak hadir
(Bukti Kehadiran)

Pada pertemuan minggu yang ke-5 ini adalah pertemuan terakhir bagi kami (tim 2) dan penutup untuk pertemuann kelompok kami di PAUD Generasi Penuai GBI Lippo Karawaci untuk kegiatan belajar dan mengajar. pada pertemuan sebelumnya kami diminta oleh guru-guru PAUD untuk mencari materi untuk masing-masing kelas TK B dan kelas TK A. pengajar TK B mempersiapkan tema tentang jalan-jalan ke pegunungan, sedangkan pengejar di kelas TK A menyiapkan materti tentang perahu. pada pertemuan kali ini kami menggunakan properti berupa latihan soal yang dibuat oleh kami untuk anak-anak PAUD. kami tidak mengadakan pengajaran di hari senin seperti biasanya karena hari senin pada tanggal 7 desember PAUD tersebut sedang libur.

Metode yang digunakan untuk pembelajaran tersebut adalah metode classroom dan demonstrasi . Hal postifnya dari metode tersebut adalah para murid dapat melihat secara langsung dalam bentuk gambar dan juga aslinya dari materi yang dijelaskan tersebut . Hal yang masih kurang baiknya adalah para murid akan mudah terasa bosan dan susah untuk berkonsentrasi  karena untuk para murid masih berumur usia dini mereka masih lebih senang bermain jadi para mahasiswa harus membuat pembelajarin tersebut menarik .

Survey Eksternal

Survey Internal 
Pada pertemuan kali ini kami telah menyampaikan materi dengan lengkap dan sesuai apa yang diperintahkan oleh para pengajar di PAUD Generasi Penuai, tetapi kami terlambat memasuki kelas sekitar 3 menit dikarenakan terjadi kemacetan di jalan.

Kesimpulan 
Pada pertemuan kali ini kami dapat menyimpulkan bahwa diperlukan cara mengajar yang baik dan tepat untuk mengajarkan anak-anak diusia dini. dan juga diperlukan manegement waktu yang baik agar tidak datang terlambat seperti waktu yang telah dijanjikan.

Jumlah Murid yang hadir
TK A : 4 Siswa
TK B : 6 Siswa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar